Blog tentang karya-karyaku dalam bentuk tulisan yang menawan.

  • ()
Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Competition

Perkembangan Teknologi di Indonesia & Inovasinya dalam Kehidupan Sosial

| 3 Comments
Perkembangan Teknologi di Indonesia & Inovasinya dalam Kehidupan Sosial
Pembuka

Dari zaman ke zaman, selalu ada yang namanya perubahan, entah itu perubahan menjadi lebih baik atau malah perubahan yang menjadikan semakin buruk, maksudnya adalah perubahan yang malah merusak lingkungan ataupun generasi masa depan.

Nah, untuk sekarang ini saya akan mengulas mengenai perkembangan teknologi di Indonesia dan inovasinya dalam kehidupan sosial.

Bicara mengenai perkembangan, perkembangan merupakan salah satu unsur dari perubahan. Namun perubahan tersebut lebih cenderung ke perubahan yang lebih baik untuk generasi, bangsa ataupun negara.

Khususnya, di Indonesia ini telah tampak perkembangan dari masa ke masa pada bidang perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi tersebut, yang paling tampak adalah semua menjadi lebih instan.

Berikut perkembangan teknologi di Indonesia & inovasinya dalam kehidupan sosial.

perkembangan teknologi informasi

Kalau bicara mengenai perkembangan teknologi informasi, saya teringat pada cerita masa zaman dulu sewaktu kedua orang tua masih remaja, mungkin sekitar 1970 an. Meskipun zaman dulu sudah ada sumber informasi modern (internet), namun sebagai alat informasinya belum berkembang dan bertebaran di Indonesia. Bahkan kebanyakan orang belum kenal dengan yang namanya internet.

Misalnya saja alat informasi seperti tv yang masih jarang dimiliki oleh orang dalam kehidupan sosialnya. Beda dengan zaman sekarang dimana semua alat teknologi informasi tersebut sudah mengalami perkembangan pesat.

perkembangan teknologi informasi

Seperti pada gambar infografis di atas, sebagai contoh beberapa alat atau sumber informasi masyarakat zaman dulu yang ada hanya tv, koran dan radio. Bahkan belum semua alat informasi atau sumber informasi di zaman dulu mampu didapat ataupun dijangkau semua masyarakat Indonesia.

Kalau sekarang, teknologi informasi telah banyak berkembang. Seperti beberapa diantaranya adalah perkembangan dari jumlah alat atau sumber informasi yang sudah banyak dijangkau oleh masyarakat Indonesia.

Inovasi-inovasinya pun selalu bermunculan seiring berkembangnya teknologi informasi. Sebagai contoh inovasi dari HP dan laptop pada infografis di atas. Semua sumber informasi seperti tv, koran dan radio dapat dikemas dalam internet dan mampu di akses hanya oleh sebuah HP maupun sebuah laptop yang mendukung internet.

Untuk TV sendiri di Indonesia telah mengalami perkembangan inovasi seperti halnya tv di Indonesia yang sekarang mampu menayangkan channel dari luar negeri. Tv seperti ini biasa dikenal dengan tv parabola (tv dengan antena parabola).

Di zaman sekarang ini, informasi di seluruh dunia ini sudah bisa didapat dengan mudah. Beda dengan zaman dulu yang mungkin hanya bisa mendapat informasi dari dalam indonesia saja.

teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi ini sangat berkaitan dengan teknologi informasi, pasalnya seperti halnya kalimat "teknologi informasi dan komunikasi" yang jarang dipisahkan. Namun dalam hal ini, saya memisahkan antara perkembangan teknologi informasi sendiri dan teknologi komunikasi sendiri.

Kemudian apa yang mengalami perkembangan dari teknologi komunikasi?

Anda bisa melihat di zaman dulu, bagaimana orang zaman dulu mengirim pesan? Bagaimana orang zaman dulu menghubungi orang lain?

Saya sendiri istilahnya sebagai anak kelahiran 90 an, sewaktu SD pernah di ceritai oleh guru. Inti dari cerita tersebut adalah bagaimana di zaman guru saya tersebut pacaran. Guru menceritakan sewaktu pacarannya masih menggunakan surat menyurat yang ditulis tangan ke dalam kertas sebagai interaksi layaknya orang pacaran.

Sudah terlihat kan bedanya dengan anak zaman sekarang yang kalau pacaran sudah menggunakan sms maupun media chatting.

perkembangan teknologi telekomunikasi

Nah dengan adanya inovasi baru dan berkembangnya teknologi komunikasi, hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial. Misalnya saja seperti hubungan sosial baik kepada kerabat atau teman yang jauh dari tempat tinggal anda. Dengan begitu, untuk tetap menjalin hubungan sosial, maka anda bisa menggunakan alat komunikasi tersebut.

Dari perkembangan alat komunikasi seperti HP sendiri juga mengalami yang namanya perkembangan dan inovasi-inovasi baru. Perkembangan dari HP bisa dilihat dari zaman masa HP hanya bisa buat telephone dan sms hingga kini telah mengalami perkembangan dan inovasi baru dengan adanya hp yang memiliki fitur video call dan buat internet, sehingga bisa digunakan sebagai media sosial, chatting dan lain-lain dalam komunikasi.

teknologi pertanian

Di Indonesia, sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia adalah petani ataupun buruh tani. Sehingga, seiring kemajuan zaman, teknologi pertanian juga memunculkan inovasi-inovasi perkembangan guna mempermudah kehidupan sosial urusan bertani.

perkembangan teknologi pertanian
Inovasi alat pembajak sawah

Seperti pada contoh gambar di atas menunjukan bahwa kegiatan bertani semakin mudah karena munculnya perkembangan inovasi-inovasi.

Contoh lainnya adalah inovasi dari mesin perontok padi seperti gambar di bawah ini.

inovasi mesin perontok padi

dari gambar di atas, yang bagian sebelah kiri daerah di tempat saya menyebutnya Herek, kemudian yang bagian kanan namanya Dos.

teknologi alat rumah tangga

Selain teknologi pertanian, ada juga teknologi rumah tangga. Yaitu mengenai alat-alat yang ada dalam rumah tangga dalam kehidupan sosial. Berikut contoh perkembangan teknologi rumah tangga dari alat dapur.

perkembangan teknologi rumah tangga alat dapur

Orang zaman dulu memasak menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat atau bata yang sudah dipanaskan seperti pada gambar di atas. Seiring munculnya inovasi-inovasi baru, memasak menggunakan kompor sumbu dengan gas minyak tanah. Kemudian yang sekarang kebanyakan orang menggunakan kompor dengan bahan LPG ataupun Blue Gas. Sampai akhirnya kini telah muncul dan populer inovasi kompor LPG/Blue Gas dua tungku.

Contoh teknologi rumah tangga lainnya bisa dari adanya mesin cuci yang memudahkan orang sehingga tidak mencuci baju secara manual, dan lain-lain.

Alat transportasi

Kalau perkembangan teknologi bagian alat transportasi, sudah banyak contohnya dari perkembangan dan inovasinya. Misalnya saja seperti becak pancal dan becak motor. Meskipun becak pancal sampai sekarang masih banyak digunakan, namun becak motor adalah inovasi dari becak pancal tersebut.

inovasi becak

Banyak juga pekerja supir becak (tarik becak) yang telah beralih ke becak motor. Namun ada beberapa hal di Indonesia yang memang dikhususkan untuk tetap menggunakan becak pancal sebagai alat transportasi mata pencaharian.

Perkembangan alat transportasi dan inovasinya yang terlihat nyata juga tampak pada inovasi Sepeda Pancal ke Sepeda Motor. Berbagai jenis atau merk sepeda motor pun juga selalu memunculkan inovasi-inovasi terbarunya dalam bersaing.

Akhir-akhir tahun lalu, berita seputar Indonesia juga digemparkan dengan Mobil Super Car pertama buatan Indonesia. Mobil tersebut dibuat oleh salah satu alumni universitas di Surabaya yang diberi nama "Lowo Ireng". Berikut penampakan lowo ireng.

lowo ireng mobil buatan anak indonesia
Sumber : molina.its.ac.id

Hal tersebut juga menunjukan perkembangan anak Indonesia terhadap teknologi, khususnya teknologi pada alat transpotasi.

Penutup

Dengan adanya perkembangan teknologi di indonesia & inovasinya, sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial. Pasalnya, dalam kehidupan sosial selalu berkaitan dengan teknologi, baik itu dalam bidang pendidikan, kesehatan, lembaga dan lain-lain.

Bahkan negara-negara maju di dunia yang terdapat Smart City di dalamnya, sebab utamanya karena majunya (unggulnya) Teknologi dalam negara tersebut.

kehidupan sosial teknologi zaman dulu dan zaman sekarang

Nah itulah artikel mengenai "Perkembangan Teknologi di Indonesia & Inovasinya dalam Kehidupan Sosial". Kurang lebihnya isi dalam artikel, semoga bermanfaat.

Bersama URINDO Raih Prestasi.
Cari Informasi Kuliah di URINDO :
www.urindo.ac.id

Lomba ini diselenggarakan oleh :
BEM FTI URINDO
Terus pantau kegiatan menarik BEM FTI URINDO di :
www.bemfti.urindo.ac.id
Tags :

3 komentar:

  1. wah, semoga saja semakin lama semakin baik ya :D

    BalasHapus
  2. Teknologi kini semakin canggih aja nih

    BalasHapus
  3. apapun perkembangannya, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik

    BalasHapus